SINGA
Senin, 03 Okt 2022
  • -Sigap -Iman -Nurani -Gembira -Aktif
19 September 2022

Webinar STOP BULLYING Di Sekolah

Senin, 19 September 2022 Kategori : Berita

Webinar bersama Arist Merdeka Sirait, Ketua Komisi Nasional Perlindungan Anak

SD Santo Markus I Kramatjati mengadakan webinar parenting yang bertemakan, “STOP BULLYING DI SEKOLAH.” Hadir sebagai narasumber adalah Bapak Arist Merdeka Sirait, salah satu sosok di tanah air yang gagah dan berani dalam memperjuangkan kehidupan anak yang lebih baik. Tercatat sudah banyaknya pengalaman beliau dalam berbagai kegiatan baik di dalam maupun luar negeri, dan perannya dalam mendampingi anak yang menjadi korban berbagai tindakan pidana.

Acara webinar dimulai dari jam 08.00 WIB melalui ruang zoom dan hadir sebagai peserta adalah para Guru, Organ Yayasan dan orangtua murid SD Santo Markus I. Acara berjalan dengan baik dan penuh antusias karena orangtua murid sudah lama menunggu webinar ini, apalagi narasumbernya adalah public figure yang sudah dikenal oleh semua orang.

Dalam pemaparan materinya, Bapak Arist Merdeka Sirait menjelaskan bahwa persoalan bullying dan kekerasan terhadap anak di Indonesia dari tahun ke tahun mengalami peningkatan yang signifikan dan modus operandinya beranekaragam. Dan pelakunya seringkali merupakan orang terdekat, seperti orangtua, kakak, guru, dll. Beliau juga mencoba menjelaskan beberapa kasus yang sedang viral di tengah masyarakat, khususnya kasus terhadap anak di lingkungan sekolah.

Lebih lanjut beliau menjelaskan bahwa peran orangtua sangat penting untuk memutus mata rantai persoalan ini. Tanggung jawab orangtua terhadap perkembangan anak bukan sekedar menafkahi mereka melainkan memastikan mereka terbebas dari berbagai tindakan kekerasan sehingga mereka bisa tumbuh dan berkembang menjadi pribadi yang kuat. Peran orangtua tidak bisa digantikan dengan teknologi dan penyelesaian persoalan yang dihadapi anak tidak bisa bersifat diktator melainkan dialogis-demokratis. Anak butuh kesempatan agar orangtua mau mendengarkan keluh kesah yang mereka hadapi.

Zaman sekarang perkembangan bullying itu sangat cepat karena peran media sosial atau internet. Bahkan Bapak Arist Merdeka Sirait menambahkan bahwa berdasarkan penelitian sebagian besar anak mengunjungi internet bukan untuk kepentingan belajar sebesar 60% (untuk bermain games, melihat situs kekerasan ataupun pornografi), dan hanya 40 % saja anak menggunakan internet untuk kepentingan belajar. Oleh karena itu, peran orangtua sangat besar dalam mendampingi anak.

Mari bersama, kita pastikan anak-anak  bebas dari bullying!

Tulisan Lainnya

Oleh : Admin Santo Markus

Vaksinasi Covid-19 Usia 6 sampai 11 Tahun

Oleh : Admin Santo Markus

Mengenal Hepatitis Pada Anak

Tidak ada komentar

Tinggalkan Komentar

 

Silahkan masuk untuk bisa menulis komentar.

Sekolah St. Markus Unit 1
Jln. Kelapa Gading III No.38, RT.009/ RW.01
Kel. Kramat Jati, Kec. Kramat Jati, Jakarta Timur 13510

  • TK Santo Markus I
  • SD Santo Markus I
  • SMP Santo Markus I

Sekolah St. Markus Unit 2
Jl. Raya Pondok Gede Rt.03/ Rw.12 Lubang Buaya, Kec. Cipayung, Jakarta Timur 13810

  • TK Santo Markus II
  • SD Santo Markus II
  • SMP Santo Markus II