SURGANYA TANAMAN VARIEGATA

Tanggal 26 sampai 30 Januari lalu, Ursula mendapat kesempatan untuk melihat pameran tanaman di Godong Ijo Bojongsari, Depok, Jawa Barat. Ursula bisa melihat banyak sekali tanaman variegata yang sangat cantik. Pameran ini diselenggarakan oleh Indonesian Aroid Society . Pameran ini bertema ‘Variegata dan Kita’. Sesuai dengan temanya, pameran ini hanya menampilkan tanaman variegata saja.

Variegata itu apa ? Variegata atau Variegation dalam Bahasa Inggris berasal dari Bahasa Latin, Variegatus yang berarti terdiri dari variasi beberapa warna. Tanaman variegata memiliki corak atau bercak yang berbeda dengan warna asli nya. Warna umumnya variegata adalah putih atau kuning. Variegata terjadi akibat hasil dari perubahan genetik atau mutasi pada sel-sel tanaman. Coraknya itulah yang membuat tanaman variegata menjadi mahal. Merawat dan perbanyakan tanaman variegata juga tidak mudah.

Pameran ini bertujuan untuk memberikan edukasi tanaman variegata, ajang kompetisi tanaman variegata dan memperluas peluang usaha dalam bidang tanaman hias. Selain pameran, diselenggarakan pula talk show, kontes tanaman, bazaar tanaman hias, live sale dan lelang tanaman. Puncak acara ini ada pada tanggal 30 Januari 2022 dengan diumumkannya pemenang kontes variegata. Peserta kontes berjumlah 200 orang berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Ada yang dari Malang, Jogja, Medan, dan masih banyak lagi. Kontes terbagi menjadi empat kategori yaitu Kelas Philodendron Variegata, Monstera Variegata, Endemik Variegata dan Variegata lainnya.

Kriteria penilaian terdiri dari warna, corak, motif, kelangkaan, performa tanaman dan masih banyak lagi. Plant The Plants berhasil memenangkan 2 kategori sekaligus, juara I kategori Philodenron Variegata dan Best in Show. Bazaar tanaman diikuti 25 tenant dari berbagai komunitas dan daerah. Menampilkan aneka tanaman variegata yang indah dan langka.

Penulis : Urusula – Kelas 6B

Tinggalkan Balasan