Image Alt
  /  SMP-1

SMP Santo Markus I

Sekapur Siri Dari Kepala Sekolah Smp Santo Markus

Tahun Pelajaran 2020 -2021 adalah tahun yang menggembirakan bagi keluarga besar SMP Santo Markus. Hal ini dikarenakan kepercayaan orang tua kepada SMP Santo Markus yang semakin besar dan meningkat secara signifikan. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari jumlah peserta didik kelas 7 yang semakin meningkat dari sebelumnya.

 

SMP Santo Markus akan menjaga kepercayaan ini sekuat tenaga, dengan terus meningkatkan kualitas SMP Santo Markus dalam segala aspek. Di tengah kondisi Pandemik Covid 19 ini, pembelajaran dilaksanakan secara online (PJJ), namun demikian kami pihak sekolah telah menyiapkan 3 Skenario Pembelajaran yaitu PJJ, Tatap Muka dan Kombinasi. Selama PJJ, kami mengusahakan PJJ yang menyenangkan, realistis dan rasional (berempati pada peserta didik). Meskipun PJJ kami tetap berusaha melaksanakan mengembangkan potensi spiritual, dengan kebiasaan berdoa, membaca kitab suci dan renungan pagi yang semuanya dipimpin oleh peserta didik, secara bergantian didampingi wali kelas dan guru bidang studi. Pengembangan pengetahuan dilakukan melalui berbagai pendekatan dan metode yang mudah diterima oleh anak. Sedang ketrampilan dikembangkan melalui bermacam-macam kegiatan ekstrakurikuler. Ada 20 jenis ekstrakurikuler di SMP Santo Markus yang bisa dipilih untuk mengembangkan ketrampilan peserta didik, namun selama PJJ ini kami menggantinya dengan Pengembangan Ketrampilan yang terdiri dari 8 kegiatan dan dilaksanakan setelah PTS dan PAS. Selama PJJ ini kami harapkan kerjasama dari orang tua dalam pendampingan terhadap peserta didik sehingga PJJ ini dapat berjalan lancar dan baik.

 

Dalam hal kedisiplinan, SMP Santo Markus menggunakan berbagai pendekatan yang humanis, dengan harapan semua proses yang ditempuh SMP Santo Markus mampu “memanusiakan manusia” dan mengantar seluruh peserta didik menjadi pribadi purnawan, yang selalu membawa nilai-nilai kemarkusan (SINGA) di dalam hidupnya.

 

Untuk itu, secara pribadi dan mewakili institusi, saya mengajak para peserta didik, para orang tua dan semua pemerhati pendidikan, mari bergandeng tangan, kita jadikan SMP SANTO MARKUS RUMAH KEDUA BAGI PENDIDIKAN PUTRA-PUTRI KITA, DAN PILIHAN UTAMA PARA ORANG TUA DALAM MENGEMBANGKAN KARAKTER, PENGETAHUAN DAN KETRAMPILAN PUTRA PUTRI TERCINTA.

 

 

 

 

Dra. Ina Caecilia, M.Pd.

Kepala Sekolah

Sekelumit Tentang Santo Markus Penginjil

Markus dikenal sebagai salah satu pengarang injil. Ia diberi lambang Singa, karena injilnya diawali suara Yohanes Pembaptis yang berseru-seru di padang gurun, dan Singa adalah raja padang gurun. Ada banyak hal menarik tentang sosok Markus yang dapat dipelajari dari berbagai sumber.

Sebagai keturunan Suku Lewi, Markus lahir di bagian barat Libya sebagai perantau. Keluarga Markus tergolong kaya dan terpandang, maka dapat memberi pendidikan yang baik kepadanya. Diceritakan, bahwa Markus menguasai 3 bahasa penting di masa itu, yaitu Ibrani, Latin, dan Yunani. Selain itu Markus juga secara khusus mempelajari Ilmu Agama (Yahudi tentu saja, apalagi karena ia keturunan Lewi), khususnya Hukum Para Nabi. Mungkin karena berasal dari keluarga terpandang itu pula, keluarga Markus cukup dekat dengan bangsa Romawi (yang waktu itu berstatus penjajah). Markus adalah nama Romawi, nama Yahudinya adalah Yohanes. Itulah sebabnya di beberapa kesempatan ia disebut Yohanes Markus.

Ketika Yesus mulai berkarya, rupanya keluarga Markus sudah pindah ke Yerusalem. Mereka memiliki rumah di sana. Bahkan, konon ibunda Markus adalah salah satu “Maria” yang selalu mengikuti Yesus; salah satu di antara para perempuan yang selalu menyediakan berbagai kebutuhan Yesus dan para murid. Ketika Yesus mengadakan mukjizat pertama dalam pernikahan di Kana, Markus sudah hadir di sana. Rupanya Markus muda sering mengikuti ibundanya mengikuti dan mendengarkan pengajaran-pengajaran Yesus. Diam-diam anak muda ini belajar banyak tentang dan dari Yesus. Bahkan saat Yesus ditangkap dan akan dibawa ke

hadapan imam-imam kepala, Markus masih memberanikan diri untuk mengikutinya:

14:51Ada seorang muda, yang pada waktu itu hanya memakai sehelai kain lenan untuk menutup badannya, mengikuti Dia. Mereka hendak menangkapnya, 14:52tetapi ia melepaskan kainnya dan lari dengan telanjang.

Tak dapat dipungkiri, Markus menyaksikan Yesus, sosok guru yang dikaguminya itu dihukum mati. Namun iman Markus dan keluarganya tidak goyah. Rumah Markus tetap menjadi tempat berkumpul jemaat Kristen awal. Bahkan saat keluar dari penjara, Petrus langsung menuju ke rumah Markus, tempat jemaat Kristen awal berkumpul.

Ketika para rasul mulai melakukan perjalanan jauh untuk mewartakan injil, Markus mengikuti mereka. Ia menyediakan diri menjadi pelayan (baca: melayani) Paulus, Barnabas, dan juga Petrus. Sebagai sosok muda yang pintar, Markus tetap mendengarkan ajaran-ajaran para rasul itu, bahkan juga mencatatnya. Karena menguasai beberapa bahasa, Markus sering diminta menjadi penerjemah oleh Petrus dan juga para rasul yang lain. Rupanya pengalamannya bergaul dengan orang-orang Romawi dan kepandaiannya berbahasa Latin dan Yunani sangat dibutuhkan oleh para rasul dalam mewartakan Injil. Meskipun sesekali berselisih paham, khususnya dengan Paulus yang nota bene seumuran dengannya, persoalan dapat segera diselesaikan, dan mereka pun bekerjasama kembali mewartakan Kabar Gembira.

Setelah terjadi penganiayaan pada zaman Kaisar Nero, dan Petrus serta para rasul yang lain dibunuh sebagai martir, Markus mengasingkan diri ke Mesir. Namun di sana ia tidak tinggal diam. Ia menjadi rahib sambil

menuliskan semua yang telah dilihat dan didengarnya tentang Yesus. Karyanya itulah yang kini dikenal sebagai Injil Markus. Tulisannya itu telah menginspirasi banyak orang untuk mewartakan Kabar Gembira kepada orang lain. Bahkan Mateus dan Lukas melengkapinya hingga menjadi Injil Lukas dan Matius. Di kemudian hari injil-injil ini menginspirasi semakin banyak orang untuk bertobat dan percaya kepada Yesus.

Sekitar tahun 60-an, Markus ditahbiskan menjadi uskup Aleksandria (awal terbentuknya Gereja Koptik). Di sana Markus mempertobatkan banyak orang. Di kemudian hari Markus dinobatkan sebagai Paus Pertama Gereja Koptik. Markus juga mewartakan injil di Afrika, sehingga ia juga dikenal dan dihormati sebagai pendiri Gereja Afrika. Namun pada tahun 68 Markus harus mengalami penganiayaan yang mengakibatkan penderitaan panjang dan menyakitkan, sebelum akhirnya wafat sebagai martir. Markus dimakamkan di Aleksandria.

Berabad-abad kemudian (tepatnya tahun 828), seorang saudagar dari Venesia menggali kuburnya dan membawa jenazahnya pulang. Di Venesia, relikui tubuh orang suci ini disambut dengan penghormatan sangat meriah. Ia dijadikan Santo Pelindung Kota Venesia. Sebuah Basilika yang megah dibangun untuk menghormati sekaligus menyimpan jasad/relikuinya. Di Basilika inilah semua orang memberikan penghormatan kepada Santo Markus.

Lebih dari 1000 tahun kemudian, tepatnya tahun 1968, Paus Koptik Cyrilus VI dari Aleksandria mengirimkan delegasi resmi ke Vatican untuk meminta kembali Relikui Santo Markus dari Paus Paulus VI. Delegasi ini terdiri dari sepuluh uskup, tujuh di antaranya adalah uskup Koptik dan tiga Uskup Gereja Ethiopia, ditambah tiga pemimpin awam Gereja Koptik. Relikui

Santo Markus dibawa kembali ke Aleksandria dan disemayamkan di Saint Mark’s Coptic Orthodox Cathedral Aleksandria, Mesir. Gereja Katedral Koptik ini dibangun di atas sebuah gereja yang pernah dibangun oleh Santo Markus sendiri pada tahun 60. Oleh Paus Paulus VI sebagian relikui Santo Markus juga diserahkan kepada delegasi dari Afrika pada tanggal 22 Juni 1968.

Pedoman Pembelajaran Jarak Jauh (Pjj)
NoKeterangan
1Guru dan peserta didik diwajibkan menggunakan seragam sekolah sesuai jadwal.
2Wali kelas bersama 1 guru mapel (jam pertama) doa pagi & absensi siswa pada pkl. 06.25 – 06.45 dengan menggunakan google meet.
3Guru mapel memberikan penjelasan materi maksimal 2x pertemuan, dapat berupa video atau google meet/zoom (maks 1x), memberikan kesempatan pada peserta didik untuk sesi tanya jawab, lalu memberikan penugasan pada pertemuan berikutnya.
4Penugasan hendaknya dapat dikerjakan dan selesai dalam waktu yang telah ditetapkan di jadwal.
5Pemberian materi & penugasan hendaknya memperhatikan kondisi siswa, perihal HP/Laptop yang digunakan apakah bergantian dengan orang tua, adik atau kakak.
6Selama PJJ siswa menjaga kesehatan dan tetap waspada mengikuti protokoler kesehatan.
7Selama PJJ usahakan untuk tidak berpergian kecuali dalam keadaan mendesak.
8Jika peserta didik sakit atau ijin, mohon untuk memberitahukan ke wali kelas.
9Peserta didik diharapkan untuk pro aktif dalam mengikuti PJJ baik dalam pemberian materi, maupun dalam penugasan sehingga pembelajaran dapat berjalan dengan lancar dan selesai tepat waktu. Perhatikan Perencanaan Pemetaan Pembelajaran & Kontrak Akademik yang telah diberikan guru Mapel.
10Jika peserta didik sering tidak mengumpulkan tugas atau terlambat mengumpulkan tanpa ada keterangan, dimungkinkan untuk guru mata pelajaran mengadakan Home Visit ke rumah peserta didik.
11Pemberian PH & PTSdapat berupa tes tertulis, penugasan atau praktik.
12PAS & PAT dapat berupa tes tertulis (CBT).
13Peserta didik diharapkan terlibat aktif, jika diminta untuk mengirimkan foto atau video sebagai Dokumen Pembelajaran.
14Hasil penilaian peserta didik selama PJJ dilaporkan per 3 bulan.
Pengolahan Penilaian Pada Kurikulum 2013
Penilaian Pengetahuan

Penilaian pengetahuan dilakukan oleh guru Mata Pelajaran ( Pendidik )

Nilai pengetahuan diperoleh dari hasil penilaian harian, penilaian tengah semester, dan penilaian akhir semester yang dilakukan dengan beberapa teknik penilaian. Penulisan pencapaian pengetahuan pada rapor menggunakan angka pada skala 0 – 100 dan

Penilaian pengetahuan yang dilakukan dalam satu semester dapat digambarkan sebagai berikut :

  1. Hasil Penilaian Harian (HPH)
  2. Hasil Penilaian Tengah Semester ( HPTS )
  3. Hasil Penilaian Akhir Semester ( HPAS )
  4. Hasil Penilaian Akhir (HPA ) merupakan hasil pengelolaan dari HPH, HPTS, HPAS dengan memperhitungkan bobot masing- masing yang ditetapkan oleh satuan pendidikan.

Penghitungan nilai akhir adalah :

HPA = (2xHPH) + (1xHPTS) + (1xHPAS)/4

Predikat pencapaian kompetensi (KKM 75) sebagai berikut

  1. Sangat Baik ( A ) : 91 – 100
  2. Baik ( B ) : 83 – 90
  3. Cukup ( C ) : 75 – 82
  4. Kurang ( D ) : < 75

Predikat pencapaian kompetensi (KKM 72) sebagai berikut

  1. Sangat Baik ( A ) : 90 – 100
  2. Baik ( B ) : 81 – 89
  3. Cukup ( C ) : 72 – 80
  4. Kurang ( D ) : < 7
Penilaian Keterampilan
  1. Penilaian keterampilan dilakukan oleh guru mata pelajaran (pendidik)
  2. Penilaian keterampilan terdiri atas : Nilai Praktik, Nilai Projek, dan Nilai Portofolio
  3. Peniaian keterampilan dilakukan pada setiap akhir penyelesaian satu KD
  4. Penghitungan nilai keterampilan diperoleh dari rata-rata Penilaian Praktik, Penilaian Projek, dan Penilaian Portofolio
  5. Tes Praktik adalah peniaian yang menuntut respon perupa keterampilan melakukan suatu aktivitas atau perilaku sesuai dengan tuntutan kompetensi
  6. Penilaian Projek berupa tugas-tugas belajar yang meliputi kegiatan perancangan, pelaksanaan, dan pelaporan secara tertulis maupun lisan dalam waktu tertentu (dilaksanakan di akhir tema)
  7. Penilaian Portofolio adalah penilaian yang dilakukan dengan cara menilai kumpulan seluruh karya peserta didik dalam bidang tertentu yang bersifat reflektif-integratif untuk mengetaui minat, perkembangan, prestasi, dan/atau kreativitas peserta didik dalam kurun waktu tertentu. Karya tersebut dapat berbentuk tindakan nyata yang mencerminkan kepedulian peserta didik terhadap lingkungannya.
Penilaian Sikap

Untuk    Penilaian     Sikap    spiritual      dan    sosial     (KI-1    dan    KI-2) menggunakan nilai kualitatif sebagai berikut :

  1. Sangat Baik ( A ) : 86 – 100
  2. Baik ( B ) : 71 – 85
  3. Cukup ( C ) : 56 – 70
  4. Kurang ( D ) : ≤ 55
Kriteria Kenaikan Kelas K13
    Kriteria kenaikan kelas ditentukan oleh satuan pendidikan, dengan ketentuan minimal :

  1. Menyelesaikan seluruh program pembelajaran dalam dua semester pada tahun pelajaran yang diikuti.
  2. Deskripsi sikap sekurang-kurangnya BAIK sesuai dengan kriteria yang ditentukan oleh satuan pendidikan.
  3. Nilai ekstrakurikuler pendidikan kepramukaan minimal BAIK.
  4. Tidak memiliki LEBIH DARI dua mata pelajaran yang masing- masing nilai kompetensi pengetahuan dan/atau kompetensi keterampilannya di bawah KBM/KKM. Karena ketuntasan belajar yang dimaksud pada kenaikan kelas adalah ketuntasan dalam konteks kurun belajar 1 (satu tahun), apabila ada mata pelajaran yang tidak mencapai KBM/KKM pada semester ganjil dan genap pada tahun pelajaran tersebut.
  5. Ketuntasan belajar minimal sekurang-kurangnya 72. Satuan pendidikan dapat menetapkan KBM/KKM lebih dari 72 sesuai dengan memperhatikan kemampuan awal siswa, kerumitan kompetensi, dan keadaan sumber daya pendidikan di satuan pendidikan tersebut.
  6. Seorang siswa naik kelas atau tidak didasarkan pada hasil rapat pleno dewan guru dengan mempertimbangkan kebijakan sekolah, seperti minimal kehadiran, ketaatan pada tata tertib, dan peraturan lainnya yang berlaku di sekolah.
  7. Ketidakhadiran siswa tanpa keterangan 10 % dari jumlah hari efektif.
    Kriteria kelulusan disesuaikan dengan aturan yang berlaku dengan mengacu pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Peserta didik dinyatakan lulus setelah memenuhi persyaratan berikut :

    • Menyelesaikan seluruh program pembelajaran.
    • Memperoleh nilai minimal BAIK pada penilaian akhir untuk seluruh mata pelajaran.
    • Lulus Ujian Sekolah untuk kelompok mata pelajaran Agama, PPKn, IPS, Seni budaya, PJOK dan Prakarya.
    • Kelulusan juga mempertimbangkan keterlibatan dalam tawuran pelajar dan narkoba.
    • Kelulusan juga mempertimbangkan kehadiran di kelas mencapai minimal 90%.
    • Kelulusan ditentukan melalui rapat dewan guru.
Galeri

Coming Soon

Coming Soon

Budaya Sekolah
  1. Doa dan renungan pagi
  2. Menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, Mars Santo Markus dan Yel Yel Santo Markus
  3. Menerapkan etika 5 S : Salam, Sapa, Senyum, Sopan dan Santun
  4. Mengembangkan budaya Literasi
  5. Menghargai, menghormati, menerima tanpa diskriminasi
  6. Mengembangkan sikap       jujur,       disiplin,       mandiri       dan bertanggungjawab
  7. Program “Selasih=Selalu bersih” dan “Kaya=Kamu Saya”
  8. Melaksanakan prinsip 4 R dalam pengelolaan sampah : Reduce, Reuse, Recycle, Replace
  9. Menerapkan gerakan : “Sehari Tanpa plastik dan styrofoam” setiap hari Jumat.
  10. Do “Friday Activity” yaitu kegiatan olah raga bersama keluarga, membantu orang tua, berkegiatan seni, dan literasi.
  11. Miliki rasa bangga
    • Bangga karena memiliki cinta kasih
    • Bangga karena disiplin ditegakkan
    • Bangga karena memberi pendidikan yang terbaik bagi putra- putri bangsa
    • Bangga karena kinerjanya berkualitas dan teruji
    • Bangga karena    peduli    dan    memperhatikan     kebersihan lingkungan
Kurikulum, Intrakurikuler, Kukurikuler Dan Ekstrakurikuler

Kurikulum adalah acuan atau panduan yang di dalamnya mengatur seluruh aspek dari komponen-komponen pendidikan beserta tugas, fungsi, dan tujuannya dalam proses pendidikan guna mencapai tujuan yang direncanakan

 

Intrakurikuler adalah kegiatan yang dilakukan sekolah secara teratur, jelas, terjadwal dengan sistematik dan merupakan program utama dalam proses mendidik siswa berdasarkan kurikulum yang berlaku.

 

Kukurikuler adalah kegiatan penunjang kegiatan intrakurikuler dengan maksud agar peserta didik lebih memahami materi yang ada dalam intrakurikuler.

 

Ekstrakurikuler adalah kegiatan yang biasanya dilakukan di luar jam pelajaran dan materi yang diberikanpun di luar materi intrakurikuler. Hal ini dimaksudkan untuk mengembangkan minat dan potensi yang ada dalam diri peserta didik, baik dalam hal pengetahuan, ketrampilan fisik maupun ketrampilan sosial

 

SMP Santo Markus menggunakan kurikulum 2013, baik untuk kelas 7,8 dan kelas 9

Struktur Kurikulum

STRUKTUR KURIKULUM TAHUN PELAJARAN 2020 – 2021

SMP SANTO MARKUS I

 

NOMATA PELAJARANKELAS
KELOMPOK AVIIVIIIIX
1Pend. Agama & Budi Pekerti333
2P P Kn333
3Bahasa Indonesia666
4Matematika555
5I P A555
6I P S444
7Bahasa Inggris444
KELOMPOK B
1PJOK333
2Seni Budaya333
3Prakarya222
4Bimbingan Konseling111
JUMLAH JAM TATAP MUKA393939
Pramuka222
Bina Iman111
424242
Alokasi Waktu

Alokasi Waktu Pembelajaran Jarak Jauh

JAM keWAKTU
01970-01-01 06:25:00

Absensi & Doa Pagi
106.30 - 06.45
206.45 - 07.20
307.20 - 07.55
407.55 - 08.30
ISTIRAHAT08.30 - 09.05
509.05 - 09.40
609.40 - 10.15
710.15 - 10.50
810.50 - 11.25
911.25 - 12.00

Alokasi Waktu Pembelajaran Tatap Muka

JAM keWAKTU
006.25 – 06.45
Doa Pagi dan Pembiasaan
106.45 – 07.25
207.25 – 08.05
308.05 – 08.45
408.45 – 09.25
ISTIRAHAT09.25 – 09.50 ( 25’ )
509.50 – 10.30
610.30 – 11.10
711.10 – 11.50
ISTIRAHAT11.50 – 12.10 ( 20’ )
812.10 – 12.50
912.50 – 13.30
PPDB

Data Orang Tua/Wali :

Data Calon Siswa

No Sekolah Asal Siswa*
Alumni Non Alumni
1 TK Santo Markus I
2 TK Santo Markus 2
3 SD Santo Markus 1
4 SD Santo Markus 2
5 SMP Santo Markus 1
6 SMP Santo Markus 2
* Masukan jumlah siswa yang akan di daftarkan.
Alamat

Jl. Kelapa Gading III No.38, RT.10/RW.1, Kramatjati, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13510

Peta Lokasi