Image Alt
  /  Berita   /  Upacara Virtual Hari Pramuka Sekolah St.Markus

Upacara Virtual Hari Pramuka Sekolah St.Markus

Setyaku kudarmakan, Darmaku kubaktikan.
“Pramuka tidak hanya mendidik kita agar menjadi warga negara yang baik, tetapi juga menjadi manusia pembangun yang handal.” -Sri Sultan Hamengku Buwono IX
14 Agustus – Hari Pramuka
Bulan Agustus merupakan bulan yang sangat bersejarah bagi seluruh anggota Gerakan Pramuka di Indonesia. Pada bulan inilah organisasi Gerakan Pramuka diperkenalkan kepada seluruh masyarakat Indonesia secara resmi, tepatnya pada tanggal 14 Agustus 1961.
Pada 1960 pemerintah  dan MPRS berupaya untuk membenahi organisasi kepramukaan di Indonesia. Pada 9 Maret 1961, Presiden Soekarno mengumpulkan tokoh-tokoh dari grakkan kepramukaan Indonesia. Ia mengatakan, organisasi kepramukaan harus diperbaiki dan seluruh kepanduan akan dilebur menjadi satu dengan nama Pramuka. Dalam kesempatan ini juga, Presiden membentuk panitia pembentukan gerakan Pramuka yang terdiri dari Sultan Hamengkubuwono IX, Prof.Prijono, Dr. A. Azis Saleh, serta Achmadi. Peristiwa ini kemudian dikenal dengan Hari Tunas Gerakan Pramuka.
Panitia tersebut merumuskan hasil kerja dan disahkan Keputusan Presiden Nomor 238 Tahun 1961 pada 20 Mei 1961 bertempat di Istora Senayan, tokoh-tokoh kepanduan Indonesia menyatakan menggabungkan diri dengan Pramuka (Hari Ikrar Gerakan Pramuka).
Hari Lahir Pramuka kemudian diperingati pada 14 Agustus 1961 saat MAPINAS (Majelis Pimpinan Nasional) yang diketuai oleh Presiden Soekarno, wakil ketua I Sultan HB IX dan wakil ketua II Brigjen TNI Dr. A. Azis Saleh. Soekarno menyerahkan panji-panji Pramuka kepada tokoh-tokoh yang memperkenalkan Pramuka kepada masyarakat.
Gerakan Pramuka pada tahun 2021 genap berusia 60 tahun sejak dikeluarkannya Keputusan Presiden Nomor 238 Tahun 1961 tentang Gerakan Pramuka. Di dalam logo 60 tahun Gerakan Pramuka yang dikeluarkan oleh Kwarnas terdapat slogan “Berbakti Tanpa Henti,” yang bermakna bahwa seluruh anggota Gerakan Pramuka selalu siap sedia untuk berbakti sampai kapan pun.
Anggota Pramuka sekolah Santo Markus mengadakan upacara dalam rangka memperingati Hari Pramuka secara virtual. Semangat dan karakter sebagai anggota Pramuka tetap dihidupi sekalipun masih dalam masa pandemi. Seperti slogan di Hari Pramuka ke-60, “Berbakti Tanpa Henti.”

 

SELAMAT HARI PRAMUKA
Kiranya semangat dan karakter seorang Pramuka selalu hadir dalam diri
dan dibutuhkan dalam menghadapi pandemi Covid-19. Salam Pramuka!

 

     

 

Leave a comment

User registration

Reset Password