SINGA
Thursday, 29 Feb 2024
  • -Sigap -Iman -Nurani -Gembira -Aktif
18 June 2023

Rekoleksi Orangtua Siswa/i TK II St.Markus

Sunday, 18 June 2023 Kategori : Berita

“Keluargaku Beriman, Berkarakter, dan Penuh Cinta” adalah tema yang diangkat pada acara Rekoleksi Orangtua dan Pelepasan Siswa Siswi TK II Santo Markus. Acara diselenggarakan pada tanggal 8 dan 9 Juni 2023 bertempat di Wisma Samadi Klender. Kegiatan pelepasan ini baru pertama kali diadakan oleh TK II Santo Markus dengan kemasan rekoleksi di luar lingkungan sekolah.

Ketua panitia kegiatan, Elen Esa Meilina menyampaikan dalam sambutannya, “Di Tahun Ajaran 2022-2023 ini, TK II Santo Markus menghantar 44 Siswa Siswi untuk menuju ke jenjang sekolah dasar. Sudah banyak sekali yang Anak-anak lewati selama proses belajar, pengalaman-pengalaman baru yang mereka dapatkan di sekolah TK Santo Markus. Kami memberikan apresiasi kepada anak-anak tercinta atas semua hasil karya dari proses belajar mereka melalui kegiatan rekoleksi ini. Kami berharap setelah dari TK II Santo Markus, anak-anak semakin memiliki karakter yang baik, penuh cinta, sayang Mama Papa, sayang keluarga.”

Pembukaan rekoleksi dihadiri oleh Ketua Pengurus Yayasan Santo Markus, Bapak R.O. Joko Supangkat. Acara pelepasan atau kelulusan ini merupakan suatu peristiwa yang perlu mendapatkan apresiasi bagi Anak-anak kita, TK Santo Markus. Bapak Joko, demikian sapaannya mengajak para Guru dan orangtua untuk bersyukur serta bersukacita memiliki anak-anak yang sudah memiliki kemampuan dalam kemandirian. Dalam perkembangan dan pertumbuhan diri mereka, anak-anak masih membutuhkan pendampingan dari kita. Seluruh orangtua dan para Guru TK II Santo Markus boleh melakukan evaluasi kegiatan ini, serta terus menjalin relasi sekalipun anak-anak sudah lulus TK.

Rm. Yohanes Harry Kristanto, SJ turut mendampingi kegiatan rekoleksi dan pelepasan siswa siswi TK II Santo Markus dari awal hingga akhir. Dalam homilinya, Romo mengingatkan dan mengajak seluruh anak-anak, termasuk orang tua untuk mencintai alam semesata, mencintai musuh dengan mendoakan, dan mencintai Tuhan.

“Melalui rekoleksi bersama ini, bukan sekedar untuk pelepasan. Kita semua ingin mengumpulkan dan bersyukur atas semua pengalaman selama di sekolah TK II Santo Markus bersama teman, guru dan orangtua. Satu poin pokok bagi orangtua yang dapat dipelajari selain mengenai kasih. Poin pertama, kasihilah sesamamu seperti dirimu sendiri. Ini merupakan undangan bagi kita untuk mencintai orang yang paling dekat dengan kita saat ini, yaitu anak-anak kita. Kedua, belajar juga dari ahli Taurat. Belajar dari pertanyaan mereka kepada Yesus, perintah manakah yang paling utama? Persisi ini juga pertanyaan penting untuk kita semua. Prinsip hidup apakah yang paling utama dalam hidupku, dalam relasiku dengan anak-anak.” Ungkap Romo lebih lanjut.

Rangkaian kegiatan rekoleksi di hari pertama berupa games anak bersama orangtua, sesi orangtua bersama Romo, dan pembasuhan kaki orangtua oleh anak serta sebaliknya. Sesi pembasuhan kaki ini sebagai bentuk ungkapan cinta, kasih sayang antar orangtua kepada anak dan anak kepada orangtua. Pada hari kedua ibadat pagi bersama Romo, dilanjutkan dengan sesi orangtua dan sesi anak. Kegiatan rekoleksi ditutup dengan acara pelepasan sebagai puncak kegiatan akhir tahun ajaran 2022-2023 TK II Santo Markus.

Salah satu orangtua mengungkapkan kegiatan rekoleksi dan pelepasan ini bagus dan menarik. Orang tua semakin disadarkan akan kehadiran buah hati, menjadi lebih mendengarkan apa yang diceritakan/ dirasakan anak, menyadari pentingnya saat-saat bermain bersama anak karena hal ini tidak akan terulang lagi disaat anak-anak akan tumbuh semakin dewasa nantinya. Untuk anak, mereka menikmati kebersamaan dengan teman-temannya lebih lama.

Sedangkan ungkapan anak mengikuti kegiatan ini, mereka mendapatkan pengalaman baru dimana hal
tersebut membuat dirinya tersentuh. Terlebih saat membasuh kaki orang tua dan peluk orang tua dengan diiringi lagu.

Tulisan Lainnya

No Comments

Tinggalkan Komentar

 

Silahkan masuk untuk bisa menulis komentar.

Sekolah St. Markus Unit 1
Jln. Kelapa Gading III No.38, RT.009/ RW.01
Kel. Kramat Jati, Kec. Kramat Jati, Jakarta Timur 13510

  • TK Santo Markus I
  • SD Santo Markus I
  • SMP Santo Markus I