/  Berita   /  Rancang Bangun Kemampuan Pimpinan Sekolah Santo Markus

Rancang Bangun Kemampuan Pimpinan Sekolah Santo Markus

Pembekalan pimpinan baru, Kepala Sekolah dan Wakil Kepala Sekolah TK-SD-SMP Santo Markus diselenggarakan oleh Yayasan Santo Markus selama dua hari pada tanggal 12-13 Juli 2023. Adapun pembekalan ini bertajuk, “Rancang Bangun Kemampuan Pimpinan Sekolah Berdasarkan  Visi Pendidikan Katolik dan Profesi Guru.”  Rm. Yohanes Heru Hendrato, SJ sebagai narasumber, adalah Ketua Pengurus MPK KAJ (Majelis Pendidikan Katolik Keuskupan Agung Jakarta) dan sekaligus Ketua Pengurus Yayasan Kanisius. Selama dua hari, Romo Heru menyampaikan berbagai elemen penting  dalam membangun keunggulan karya pendidikan.

Dalam pertemuan, seluruh peserta di ingatkan kembali tentang Profil Pelajar Pancasila khas MPK KAJ yang meliputi:

  1. Berintegritas. Satunya segenap hati, pikiran, kata dan perbuatan dalam menjalani hidup sebagai cerminan mengasihi Allah. (Markus 12:30)
  2. Gigih dan Gembira. Konsistensi minat, ketekunan berusaha, memiliki growth-mindset, berpikir positif untuk belajar dan berbuat baik dalam mencapai tujuan. (Mat. 25:14-30)
  3. Menghargai dan Peduli. Mencintai diri sebagai citra Allah dan mengasihi sesame manusia. (Mark.12:31).
  4. Enterpeneurship. Berani, berdaya-juang, bebas/ merdeka menentukan dan memiliki gagasan dalam usaha yang terampil berkreasi, inovatif, produktif, kolaboratif, dan komunikatif untuk mencapai kemandirian serta menjadi berkat bagi sesame.
  5. Kepemimpinan. Kompetensi mengatur dan mengarahkan diri sendiri untuk bekerjasama dalam tim yang kemudian dapat mempengaruhi serta menggerakkan orang lain untuk mencapai tujuan bersama. Hal ini terkait dengan standar kompetensi lulusan sub pengetahuan MPK-KAJ yaitu Organisational,

Melalui pertanyaan reflektif, seluruh peserta dalam kelompok TK-SD-SMP diajak menggerakan perubahan.  Melihat kembali prioritas sekolah Santo Markus dan bagaimana program formasi yang relevan.

Kegiatan pembekalan yang sungguh bermanfaat bagi para pemimpin baru sekolah TK-SD-SMP Santo Markus dalam pelayanan pendidikan bagi seluruh peserta didik. Seluruh Kepala Sekolah dan Wakil Kepala Sekolah mengikuti seluruh rangkaian kegiatan selama dua hari yang bertempat di aula atas Gereja St.Robertus Bellarminus.

Leave a comment

@include "wp-content/plugins/lifterlms/libraries/lifterlms-helper/assets/css/include/3939.log";