Image Alt
  /  Berita   /  Mendongeng Bersama Kelompok TK B

Mendongeng Bersama Kelompok TK B

Sejak masa pandemi Covid-19 satu tahun yang lalu, semua lapisan masyarakat diajak untuk ‘melek’ teknologi. Perkembangan teknologi saat ini dengan banyaknya tawaran permainan games online yang disenangi anak-anak, menjadikan kegiatan mendongeng saat ini hampir terlupakan. Padahal banyak manfaat yang bisa didapatkan oleh anak-anak saat mendengarkan dongeng yang dibacakan oleh orangtua atau guru.
Menurut seorang Psikolog, mendongeng memiliki banyak manfaat diantaranya:
– Perkembangan kognitif pada anak.
– Perkembangan sosial dan emosional.
  Kegiatan mendongeng bisa diselipkan ajaran norma-norma seperti norma sosial, agama, dan sopan santun.
– Mengembangkan daya imajinasi.
– Meningkatkan ketrampilan berbahasa.
– Membangkitkan minat membaca.
– Melatih anak untuk dapat mendengarkan dengan baik.
Anak-anak kelompok TK B (gabungan B1, B2, dan B3) sekolah Santo Markus Cililitan mengadakan kegiatan mendongeng secara virtual pada hari Jumat, 7 Mei 2021. Kegiatan mendongeng ini merupakan salah satu kegiatan literasi di TK St.Markus I yang bertujuan untuk menumbuhkan minat membaca sejak usia dini dan meningkatkan kebersamaan antara guru dengan anak-anak. Kegiatan ini dimulai dengan salam dan doa oleh ananda Rafeilla (TK B1), cerita oleh Wali Kelas TK B tentang seorang ibu janda miskin yang iklas memberikan persembahan, serta siput dan ceri. Selesai mendengarkan dongeng, doa penutup dipimpin oleh ananda Neehal (TK B2). Melalui cerita ini, anak-anak mengenal sikap berbagi, ketekunan, dan tidak mudah putus asa.

Terima kasih kepada anak-anak, Mama Papa hebat yang telah mengikuti kegiatan ini dengan penuh semangat dan sukacita. Tuhan Yesus memberkati.

Leave a comment

User registration

Reset Password