SINGA
Friday, 08 Dec 2023
  • -Sigap -Iman -Nurani -Gembira -Aktif
26 September 2023

Bible Camp dan Rekoleksi Keluarga TK St. Markus

Tuesday, 26 September 2023 Kategori : Berita

Bulan Kitab Suci Nasional (BKSN) 2023 dengan tema, Allah Sumber Kasih dan Keselamatan. Sekolah TK Santo Markus unit 1 dan 2 memeriahkan BKSN 2023 dengan berkolaborasi mengadakan kegiatan Bible Camp dan Rekoleksi Keluarga.

Kegiatan Bible camp dan rekoleksi keluarga sebagai salah satu sarana dalam rangka menumbuhkan keimanan anak dalam proses belajar mengajar di TK I dan II  Santo Markus  selama tahun ajaran 2023/2024. Menumbuhkan kecintaan anak-anak terhadap Tuhan Yesus dan sekolah juga rasa hormat dan bangga kepada guru serta orangtua.

Kegiatan Rekoleksi Keluarga dalam pembentukan iman dan karakter  sangatlah penting karena pada tingkat anak usia dini merupakan masa emas dalam  pembentukan karakter, iman, perkembangan kepribadian anak serta pembentukan pola prilaku sikap dan ekspresi emosi. Oleh karena itu orangtua dan guru dapat bekerjasama dalam mengembangkan iman anak.

Bible camp diselenggarakan untuk kelas KB dan A pada hari Jumat, 15 September 2023 yang bertempat di sekolah TK Santo Markus 2.  Anak-anak diajak mendengarkan firman Tuhan dan belajar membangun kerjasama melalui games.

Sedangkan kegiatan Rekoleksi Keluarga dengan tema, Kasih Allah yang Menyelamatkan diikuti oleh orangtua dan anak kelas B pada Jumat, 22 September 2023 di aula Gereja St.Robertus Bellarminus, Cililitan. Rekoleksi keluarga dibuka dengan perayaan ekaristi yang dipimpin oleh Rm. Andri Astanto, SJ.

Dalam homilinya Rm.Andri, SJ menyampaikan bagaimana dalam diri para murid memiliki hati yang tulus untuk bersama-sama melayani Allah melalui sesama dan mewartakan kabar gembira kerajaan Allah.

“Yesus tidak memilih-milih siapa yang boleh mengikuti Yesus dan mewartakan kerajaan Allah. Melainkan siapa saja yang memiliki hati yang tulus, diutus untuk turut mewartakan kerajaan Allah.” Romo menegaskan lebih lanjut kepada orangtua murid dan Guru.

Injil mengingatkan kita untuk melihat tugas perutusan kita, terutama sebagai orangtua dan Guru. Sudah sejauh mana kita hadir mendampingi anak-anak dengan hati yang tulus, dengan cinta dan kesabaran.

Pesan kepada orangtua dari rekoleksi keluarga ini; agar orangtua lebih menyayangi anak-anak yang sudah dipercayakan Tuhan, menerima kelemahan dan kelebihan yang dimiliki oleh anak, dan jangan pernah sering membanding-bandingkan karena setiap anak itu memiliki keistimewaan masing-masing.

Tanggapan dari salah satu orang tua peserta rekoleksi;
Kegiatan rekoleksi ini sangat bagus dan berkesan. Para orang tua sangat antusias karena kita diajak kembali berefleksi menjadi orang tua dalam mendidik tumbuh kembang putra dan putrinya. Selain itu, guru juga memberikan waktu kepada orang tua dan anak dalam bentuk games. Dengan adanya games, membangun ikatan antara orang dan anak menjadi lebih dekat. Di dalam rekoleksi tersebut terasa meriah karena antara TK B Santo Markus I dan II menjadi satu, sehingga  orang tua dan anak-ank dapat saling mengenal.

Tulisan Lainnya

No Comments

Tinggalkan Komentar

 

Silahkan masuk untuk bisa menulis komentar.

Sekolah St. Markus Unit 1
Jln. Kelapa Gading III No.38, RT.009/ RW.01
Kel. Kramat Jati, Kec. Kramat Jati, Jakarta Timur 13510

  • TK Santo Markus I
  • SD Santo Markus I
  • SMP Santo Markus I